Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Tumbuhan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah sebagai bahan makanan, industri, peralatan rumah tangga, pakaian, pewarna alami dan kesehatan.

Pohon cemara salah satu tumbuhan yang bisa hidup di daerah yang dingin. Keunikan pohon ini terdapat pohonnya yang tumbuh menjulang ke atas seperti gunung. Pohon cemara memang banyak ditemukan di daerah pegunungan.

Pohon cemara banyak manfaatnya. Salah satunya bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat perabotan rumah tangga. Selain itu pohon cemara yang masih kecil juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghias taman di halaman rumah.

Duduk dibawah pohon cemara akan lebih asyik sambil membaca sebuah dongeng. Berikut ini sebuah dongeng yang berjudul Pengembara dan Sebuah Pohon.

Pengembara dan Sebuah Pohon
Pengarang: Aesop
Dua orang pengembara berjalan di sepanjang
jalan yang berdebu dan tandus di hari yang
sangat panas. Tidak lama kemudian, mereka menemukan
sebuah pohon besar. Dengan gembira, keduanya
lalu berteduh dari teriknya sinar matahari di bawah naungan daun-daun
pohon besar yang lebat. Saat beristirahat, mereka melihat ke atas pohon. Salah seorang pengembara berkata kepada teman seperjalanannya,
“Betapa tidak bergunanya pohon besar ini! Pohon ini tidak memiliki buah sehingga tidak berguna untuk manusia sama sekali.”

Pohon besar tersebut lalu berkata, “Kamu manusia yang tidak tahu berterima kasih!“ Pohon itu berkata lagi, “Kamu datang dan
bernaung di bawah daun-daunku. Kamu menikmati teduhnya perlindungan cabang dan daunku. Kamu masih menyebutku tidak berguna
sama sekali?”

*)buku siswa kelas 3 revisi 2018


Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala perbedaan. Setiap manusia memiliki perbedaan masing-masing demikian pula dengan hewan dan tumbuhan. Namun, hewan dan tumbuhan selalu berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Berikut ini beberapa manfaat hewan bagi manusia ;
1. Sumber makanan. Beberapa hewan ada yang dijadikan sebagai sumber makanan, seperti ayam dan sapi.dan
2. Membantu pekerjaan. Hewan juga bisa membantu pekerjaan manusia, seperti membajak sawah dan menjaga rumah.

3. Sebagai hewan peliharaan. Beberapa jenis hewan dijadikan sebagai binatang peliharaan bagi manusia. Seperti ; kucing, anjing, dan burung.


Tidak hanya hewan , tumbuhan pun memiliki manfaat yang besar bagi kelangsungan hidup manusia. Beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia adalah :
1. Sebagai sumber makanan.
Banyak makanan kita yang bersumber dari tumbuhan. Seperti beras, jagung, ketela dan sagu.

2. Sebagai bahan pembuat rumah.
3. Sebagai benda kerajinan tangan dan seni
4. Sebagai alat-alat perabotan rumah tangga
5. sebagai bahan obat-obatan.

Karena itu sikap kita terhadap hewan dan tumbuhan harus senantiasa menyayangi mereka. Cara kita menyayangi cukup dengan selalu menjaga dan merawatnya.

Jika memiliki hewan peliharaan, maka jangan lupa diberi makan. Jika ingin halaman rumah kita indah dan hijau, maka jangan malas-malas untuk selalu merawat semua jenis tanaman yang ada di halaman.

Kita harus bisa selalu berterima kasih kepada semua yang membantu kita. Termasuk kepada tumbuhan dan orang-orang disekitar kita.

Mangapa kita harus selalu berterima kasih?
Kita harus senantiasa selalu mengucapkan terimakasih atas segala sesuatu yang sudah kita peroleh. Baik kepada Tuhan, kepada orang lain dan kepada alam ini.

Apa yang kita rasakan setelah mengucapkan terimakasih?
Setelah kita mengucapkan terimakasih, tentu kita akan merasa senang dan lega. Tidak hanya kita sendiri yang merasa senang, namun orang lain yang kita berikan terimakasih pun akan merasakan hal yang sama.


Bacalah cerita pendek berikut ini.
                                      Bunga Melati yang Baik Hati
Di sebuah taman tumbuhlah berbagai jenis tanaman bunga. Kini semua tanaman bunga tersebut sudah mulai berbunga. Para pengunjung pun sangat senang sekali datang ke taman tersebut. Sampai sebagian dari mereka yang datang selalu membanggakan bunga melati.

   Mendengar kabar itu, semua bunga di taman tersebut menjadi kesal terhadap bunga melati. Sampai-sampai mereka berbicara yang buruk tentang bunga melati.

    “kenapa ya si Melati selalu menjadi primadona di taman ini?” tanya bunga Anggrek.  ‘Hemmm....ya... benar sekali, padahal bunga melati itu kecil, dan dia juga hanya berwarna putih, tidak seperti ku berwarna merah mrona” jawab bunga Mawar.
Semua bunga pun jadi iri kepada bunga melati dan selalu menjauhinya.

    Karena aroma bunga melati yang semerbak, mampu mengundang semua kumbang untuk  datang untuk mengisap sari madu yang ada pada setiap bunga. Bunga-bunga menjadi senang. Barulah mereka sadar jika aroma bunga melati mampu menarik kumbang yang datang.

    Semua bunga kini berterimakasih kepada bunga melati. Mereka sangat senang kepada bunga melati. Semua bunga meminta maaf kepada bunga Melati. Bunga Melati pun menerima maaf dari semua bunga di taman.

Tokoh dalam cerita tersebut adalah :
1. Bunga Melati memiliki karakter baik hati, pemaaf, dan tidak sombong.
2. Bunga Anggrek memiliki karakter iri hati.
3. Bunga Mawar memiliki karakter sombong dan iri.


Bersikap baik sangat dianjurkan. Bersikap baik kita lakukan kepada manusia, tumbuhan, dan hewan. Dengan bersikap baik, kita pun akan mendapatkan kebahagiaan.

Jika kita bersikap baik terhadap tumbuhan maka tumbuhan akan memberikan banyak manfaat pada kita.Salah satu sikap baik yaitu mendoakan yang baik untuk orang lain.

Demikian Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia. Rangkuman ini disadur dari buku siswa kelas 3 tema 2 edisi revisi 2018.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel