Persiapan Sekolah Di Dalam Mempersiapkan Pelaksanaan Ujian Sekolah

Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional pada jenjang sekolah dasar di tahun pelajaran 2018/2019 sudah tinggal beberapa hari lagi.

Tentunya sekolah sudah mempersiapkan betul sebaik-sebaiknya agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Namun tidak ada salahnya kita mengingat kembali hal mana yang belum lengkap, sehingga kedepannya pelaksanaan ujian sekolah tidak terjadi seduatu hal yanug tidak diinginkan.


Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sekolah untuk pelaksanaan ujian sekolah. 


A. Pembentukan Panitia Pelaksana Ujian.
Setiap kegiatan di sekolah hendaknya dibuatkan susunan kepanitiaan. Hal ini dilakukan supaya seluruh warga sekolah utamanya guru dan staf memiliki tanggung jawab bersama dalam menyukseskan pelaksanaan ujian.

Susunan kepanitian terdiri dari : 
  1. Penanggung jawab
  2. Ketua
  3. Sekretaris
  4. Bendahara
  5. Pengawas ujian
  6. Bidang konsumsi
  7. Tanda waktu/ Bel
  8. Piket harian

B. Surat Tugas Pengawas
Satu lagi point yang mesti diperhatikan kepala sekolah adalah surat tugas pengawas. Surat tugas ini diberikan kepada guru-guru yang akan melakukan pengawasan ujian di sekolah lain.

Biasanya di beberapa daerah pengawasan ujian sekolah dilakukan secara croosing antar sekolah dalam satu gugus.

Maka anda sebagai guru yang bertugas mengawas ujian jangan lupa meminta surat tugas sehari sebelum anda akan melaksanakan tugas mengawas ujian sekolah.

Surat tugas sebagai pengawas ujian ini nantinya bisa anda gunakan sebagai bahan untuk kelengkapan kenaikan pangkat. Sebab kegiatan sebagai pengawas ujian diperhitungkan angka kreditnya.

C. Tata ruang pelaksanaan Ujian
Sebelum melaksanakan kegiatan ujian sekolah, jangan lupa ruang ujian sudah dipersiapkan dengan baik. Terkait dengan denah tempat duduk peserta ujian, semua itu sudah diatur dalam ketentuan POS Ujian.

Nah, jangan sampai nanti denah tempat duduk peserta ujian siswa anda tersebut tidak tepat, maka dari pada itu sangat saya sarankan agar anda benar-benar memperhatikan ketentuan-ketentuan yang tercantum di dalam PosUjian.

D. Konsumsi pelaksanaan Kegiatan
Jangan lupa mempersiapkan konsumsi pelaksana ujian sekolah. Terutama untuk pengawas ujian. Nah, siapa di sekolah ada yang ditugaskan untuk bertanggung jawab dengan tugas ini, harap segera dikerjakan, jangan sampai nanti malah disaat pelaksanaan ujian konsumsi tidak ada.

Saya rasa ketika semua mengerti akan tugasnya, tidak akan terjadi hal-hal seperti ini.

Demikian sobat ulasan singkat yang dapat kami sampaikan dan semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi anda. Wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel