Manfaat Membawa Bekal Makanan dari Rumah Bagi Anak

Memiliki anak yang sedang duduk di bangku sekolah dasar memang membutuhkan perhatian yang ekstra dari kita selaku orang tua. Mulai dari mempersiapkan seragam sekolah, sarana belajar dan tidak kalah penting lagi adalah bekal sekolah anak.

Beberapa orang tua kadang memberikan bekal kepada anak berupa uang jajan. Dan ada juga bekal berupa makanan.

Kalau dilihat dari kemudahannya, mungkin memberikan bekal berupa uang jajan jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan memberikan bekal makanan. Karena dengan hanya memberikan bekal uang saku, anak sudah bisa berbelanja sendiri apa yang mereka suka. Dan orang tua tidak perlu repot lagi mempersiapkan makanan dari rumah.

Heyy.....jangan dilihat gampangnya dulu dari kasus seperti itu. Memberikan bekal uang saku kepada anak, khususnya sekolah dasar kadang kita tidak bisa mengawasi bagaimana kesehatan dan gizi jajanan yang dikonsumsi anak, terutama jika di luar jam sekolah.

Semasih jam sekolah kita mungkin tidak perlu khawatir, karena sekolah tentunya sudah memperhatikan betul kualitas jajanan yang dijual di kantin sekolah. Sehingga makanan yang dibeli anak bisa dijamin kualitasnya. Namun, jika sudah diluar jam sekolah, jajanan anak pun tidak bisa terkontrol.

Memberikan bekal makanan langsung dari rumah merupakan keputusan yang bijak dilakukan oleh orang tua. Dengan bekal dipersiapkan sendiri oleh orang tua, maka tentunya kesehatan dan gizi makanan bagi anak bakalan terjamin.

Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan bagi anak membawa bekal makanan dari rumah.

1. Meningkatkan ikatan kasih sayang antara anak dan orang tua
Ketika anda selalu mempersiapkan bekal makanan bagi anak anda, maka hubungan kasih sayang antara anda dengan buah hati bakalan terus terjalin dengan baik.

Tidak hanya itu, komunikasi pun akan tercipta dengan baik. Hal ini didasari keterbukaan anak untuk menginginkan makanan yang mereka sukai.

Apabila komunikasi antara anak dan orang tua terjalin dengan baik. Maka sampai anak anda dewasa mereka akan senantiasa terbuka pada orang tuanya.


2. Melatih anak mengerti akan keadaan
Ketika anak diberikan bekal makanan dari rumah, maka anak akan dilatih untuk mengerti akan kondisi keluarga dan orang tuanya.

Jika anak sudah mengerti akan kondisi orang tua dan keluarganya maka disiilah peran orang tua untuk menyisipkan pesan moral dalam tumbuh kembang karakter anak.

Anak akan lebih memahami pemberian dari orang tuanya dan belajar mensyukuri apa yang mereka miliki.

3. Bisa disesuaikan dengan kesukaan anak
bekal makanan yang disiapkan oleh orang tua pastinya menu yang disajikan bisa diganti-ganti. Meskipun menu tersebut sederhana namun kaya akan gizi.

Dengan menu yang disesuaikan dengan selera anak, maka mereka tidak akan pernah bosan untuk membawa bekal dan tidak lupa makan setiap harinya di sekolah.

4. Mengurangi jajan makanan ringan
Biasanya anak-anak paling suka dengan jajanan makanan ringan dan makanan yang manis-manis. Ketika kita sebagai orang tua mempersiapkan makanan tersebut, maka kesempatan anak untuk jajanan makanan ringan bisa dikurangi bahkan ditiadakan kebiasaan tersebut.

Seperti yang kita ketahui, makanan ringan banyak mengandung pewarna, pengawet dan penyedap. Semua itu merupakan bahan-bahan yang berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi oleh anak, yang mana anak berada pada masa pertumbuhan yang lebih banyak membutuhkan gizi.

5. Mengkonsumsi makanan bergizi
ketika orang tua membekali anak dengan makanan dari rumah. Pastinya makanan tersebut sangat diperhatikan kebersihan dan gizinya.

sebagai orang tua kita harus selalu mempersiapkan makanan yang mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna. Ketika semua itu bisa dilaksanakan dengan baik, maka kesehatan anak-anak kita dapat terjaga dengan baik.

Demikian ulasan artikel singkat tentang Keuntungan Anak Membawa Bekal Makanan dari Rumah. Semoga artikel sederhana ini bisa menggugah kebiasaan orang tua untuk memberikan bekal berupa makanan dari rumah ketika anak akan ke sekolah.

Sesibuk apapun anda sebagai orang tua, maka utamakanlah kepentingan anak. Karena mereka aset masa depan keluarga dan bangsa ini.

wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel