-->

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 8 Kelas 5

Memasuki pembelajaran semester 2 di kelas 5 sekolah dasar, akan dimulai pada tema 6 sampai dengan tema 9.  Pembelajaran tematik di sekolah dasar, memadukan beberapa muatan pelajaran. Diantaranya PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBDP.  Kesemua muatan pelajaran tersebut terpadu dalam sebuah tema. Nah, untuk tema 8 kelas 5 berjudul Lingkungan Sahabat Kita. 

Untuk tema 8 tersebut akan dibelajarkan ke dalam 3 buah subtema. Dimana setiap subtema akan membuat 6 pembelajara.  

Dimasa belajar daring sekarang ini, tentunya siswa diharapkan bisa belajar mandiri.  Nah, pada artikel ini, admin akan membantu para pelajar yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas pada pembelajaran 1 subtema 2 di tema 8.

Kunci jawaban ini hanya digunakan sebagai bahan koreksi bagi hasil kerja siswa dalam melaksanakan tugas belajar di tema 8. Maka dari Itu diperlukan kebijakan dari orang tua siswa untuk memanfaatkan kunci jawaban ini dengan bijaksana. 



Baik langsung saja, berikut ini kunci jawaban pembelajaran  1 subtema 2 tema 8. 

Pada pembukaan halaman pertama pembelajaran 1, siswa akan  mengamati dua buah gambar. Dimana gambar pertama (gambar A) adalah penampakan alam yang begitu indah dan asri. Sedangkan gambar 2 (Gambar B) adalah kondisi tanah yang kering dan tandus. 

Kemudian siswa akan diajak untuk memperhatikan gambar tersebut. Selanjutnya siswa menjawab beberapa pertanyaan, untuk menguji kemampuan siswa dalam mengamati gambar.

Berikut kunci jawaban berdasarkan pengamatan gambar tersebut. 

1. Apakah komentarnya melihat kedua gambar tersebut?

Jawaban : 

Gambar tersebut memperlihatkan kondisi yang sangat berbeda. Gambar pertama menunjukkan keadaan alam yang sangat indah dan asri. Sedangkan gambar kedua menunjukkan keadaan lingkungan yang kering dan tandus. 


2. Gambar manakah yang indah dilihat? 

Jawaban : gambar yang paling indah dilihat tentu adalah gambar A. 


3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B?  Apa yang menyebabkan?

Jawaban :

Dapat. Lingkungan Alam yang semula hijau bisa berubah menjadi kering dan tandus. Hal tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor. Seperti karena bencana alam, seperti kemarau panjang dan kebakaran. Bisa juga disebabkan karena ulah manusia itu sendiri. 


4.Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?

Jawaban :

Tentu dapat, namun membutuhkan waktu yang agak lama. Caranya adalah dengan melakukan penghijauan dengan menanami pepohonan dan tentunya merawat dengan melakukan pengairan atau penyiraman secara rutin. 


5. Bagaimanakah kondisi lingkungan sekitarmu?

Jawaban :

Untuk menjawab pertanyaan ini, semua ditentukan oleh kondisi lingkungan setempat. Apabila lingkungan  siswa dalam kondisi yang bersih dan nyaman maka silahkan dilaporkan dalam keadaan bersih. Namun sebaliknya apabila kondisi tersebut dalam keadaan kurang bersih, maka silahkan pula disampaikan kondisinya.


Kegiatan selanjutnya kita akan sampai pada halaman 2. Pada halaman tersebut akan diperlihatkan sebuah teks bacaan yang berjudul Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer.

Berikut ini isi teks bacaanya :

Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer.

Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru,Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.

Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.

Setelah siswa selesai membaca teks bacaan tersebut. Selanjutnya siswa mengerjakan peta pikiran terkait dengan teks bacaan. Berikut kunci jawaban membuat peta pikiran terkait dengan teks bacaan pada halaman 2.


Kotak 1.

Peristiwa apa yang terjadi?

Jawaban :

Warga desa yang mengalami kesulitan mencari air bersih dan harus berjalan menempuh jarak 15 kilometer.


Kotak 2

Dimana peristiwa itu terjadi?

Jawaban :

Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.


Kotak 3

Apa penyebab peristiwa itu terjadi?

Jawaban :

Karena kelurahan tersebut berada pada dataran tinggi. Sehingga pipa PDAM tidak bisa menjangkau pemukiman tersebut.

Kunci jawaban ayo berdiskusi :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama

kelompokmu (4-5 orang).

1. Apa fungsi air bagi manusia?

2. Apa fungsi air bagi hewan?

3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?

Kunci jawaban :

1. Fungsi air bagi manusia sangat banyak beberapa diataranya, sebagai sumber air minum, memasak, mencuci, mandi dan kakus. Selain itu air juga digunakan manusia untuk pertanian, perikanan dan perkebunan. Juga bisa digunakan sebagai sarana transportasi dan rekreasi.

2. Fungsi air bagi hewan adalah sebagai habitat bagi hewan tersebut, sumber minum dan digunakan sebagai tempat berkembangbiak.

3. Fungsi air bagi tumbuhan sebagai media digunakan untuk tumbuh dan berkembang, serta beberapa jenis tumbuhan menggunakan air sebagai habitatnya.

Demikian kunci jawaban kegiatan pembelajaran 1 subtema 2 pada tema 8 kelas 5. Semoga artikel ini bisa digunakan dengan bijak dalam membantu para siswa belajar secara daring. Kunci jawaban ini digunakan sebagai pembanding atau koreksi atas jawaban siswa. Kunci jawaban ini tidak bersifat mutlak, karena pertanyaan yang muncul pada pembelajaran 1 bersifat terbuka.


0 Response to "Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 8 Kelas 5 "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel