Tiga Senjata Ampuh Guru Profesional

Tiga senjata ampuh guru - guru merupakan seorang agen pembelajar yang selalu berusaha dengan penuh kemampuan untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan kepada setiap siswanya. Tidak jarang guru yang profesional selalu mencari cara inovatif  untuk membuat pembelajaran yang akan ia lakukan lebih baik dari sebelumnya. 

Profesionalisme seorang guru tidak hanya diukur dari bagaimana ia memiliki gelar akademik namun, bagaimana dirinya mampu menciptakan siswanya sebagai seorang pembelajar yang sejati. 

Guru profesional harus memiliki empat kompetensi yang selalu melekat dalam dirinya. Adapun empat kompetensi guru tersebut adalah kompetensi profesional , kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial.

Segenap kompetensi tersebut haruslah mampu dijalankan dengan baik oleh guru.

Menciptakan pembelajaran menyenangkan merupakan salah satu contoh keprofesionalan guru.

Kadang kalau ada guru yang tidak begitu memperhatikan dengan baik kondisi ini. Beberapa guru masih ada yang dari tahun ke tahun tetap saja demikian pembelajaran yang ia lakukan.

Seiring dengan perkembangan jaman, maka guru pun harus dengan penuh rasa percaya dirinya menggunakan teknologi sebagai pendukung keprofesionalan dirinya untuk menjadi guru yang profesional.

Banyak kalangan guru kita masih takut untuk memegang mouse apa lagi akan menggunakan laptop atau PC.

Semua yang terjadi tersebut tidak serta Merta kita bisa memfonis guru itu bodoh. Mungkin beberapa dari guru kita yang sudah berusia cukup lawas memang sedikit kesulitan untuk menggunakan yang namanya komputer atau laptop.

Hal tersebut mungkin disebabkan karena faktor usia sehingga muncul keengganan untuk berlatih.

Padahal banyak sekali kemudahan yang bisa kita rasakan.

Jaman sekarang ini ada tiga senjata ampuh yang harus dimiliki guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Apa saja itu, berikut akan kamis sampaikan menurut versi RIYANPEDIA.com


1. Laptop

Jelas sekali alat yang satu ini harus dimiliki oleh guru, apalagi seorang guru yang sudah memperoleh tunjangan profesi. Nah, cobalah Anda menyisihkan sedikit penghasilan Anda untuk membeli peralatan yang satu ini.

Kenapa kami menyarankan Anda untuk membeli? Laptop dijaman sekarang ini sudah tidak menjadi barang mewah. Peredaran laptop sekarang ini sudah sangat ramai, bagaikan kacang goreng yang dijual dipinggir jalan. Asalkan Anda memiliki budget yang cukup, maka seperangkat laptop bisa Anda gondol bawa pulang.

Dengan laptop, maka guru bisa membuat rencana pembelajaran dengan mudah dan tidak terpengaruh dengan tempat. Anda bisa mengetik perencanaan pembelajaran di taman, atau mungkin di teras rumah.

Selain itu fungsi laptop tidak hanya sebagai sebatas mengetik sebuah laporan. Dengan laptop Anda bisa mengkreasikan media pembelajaran yang berbasis multimedia. Anda bisa memasukkan tayangan presentasi berupa power point dan Anda juga bisa menyimpan file video yang bisa Anda putar kembali sebagai media pembelajaran di kelas.

Apalagi sekarang ini banyak media-media yang ditawarkan oleh penyedia media atau yang dibuat oleh mahasiswa dan pakar IT berbasis komputer / laptop.

Jadi, agar anda lengkap sebagai guru yang profesional, maka jangan lupa untuk membeli sebuah laptop. Karena alat yang satu inti sangat ampuh menunjang keprofesionalan Anda.

2. Modem / Smartphone

Siapa sih yang tidak pernah browsing di jaman sekarang ini. Banyak informasi kita peroleh dari internet. Sebagai guru yang profesional Anda harus bijak dalam memanfaatkan internet. Mungkin di luar sana banyak yang menuduh internet sebagai perusak moral anak. Namun, sebenarnya bila kita bijak menggunakannya maka akan sangat bermanfaat.

Banyak informasi dan media pembelajaran yang bisa Anda gunakan sebagai guru profesional, tentunya anda harus bisa membuat pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Di internet anda bisa berbagi informasi dan metode pembelajaran yang baik, sehingga keprofesionalan Anda sebagai guru semakin maju.

Agar bisa mengakses internet tentunya anda harus memiliki perangkat modem agar bisa terhubung ke internet. Bila disekolah Anda sudah ada akses interenet pascabayar seperti layanan telkom, mungkin tidak masalah lagi. Tetapi Anda tidak serta merta hanya internetan di sekolah saja.

Maka dari itu pilihan yang bisa anda gunakan untuk bisa tetap terhubung dengan internet adalah dengan menggunakan modem sebagai pilihan Anda.

Bahkan kini smartphone pun bisa anda gunakan sebagai modem. Jadi mudah sekali untuk menjadi guru profesional.


3. Printer

Alat yang satu ini harus ada di rumah guru profesional. Dengan alat cetak ini Anda bisa sesegera mungkin mencetak media atau perencanaan yang sudah Anda buat. Perkembangan printer sangat pesat sekarang ini. Media pembelajaran yang sudah Anda buat, mungkin itu sebuah foto atau sejenisnya, maka dengan segera bisa anda lihat hasilnya dan tidak lagi menunggu untuk mencetak di sekolah atau tempat rental lainnya.

Jadi, sebagai guru profesional tidak hanya diperlukan kemampuan yang mumpuni saja. Namun, adanya dukungan sarana prasaran akan membuat gelar profesional anda semakin lengkap.

Wasalam



0 Response to "Tiga Senjata Ampuh Guru Profesional"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel