Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman

Materi bahasa Indonesia kelas 5 menulis karangan berdasarkan pengalaman - Materi ini  adalah materi bahasa Indonesia bagi adik-adik kelas 5 sekolah dasar pada semester 1, tentunya yang masih menggunakan kurikulum KTSP.

Pengalaman pribadi.

Setiap anak pasti memiliki pengalaman yang berbeda satu sama lain. Pengalaman tersebut tentunya ada yang menyenangkan dan ada pula yang menyedihkan. Pengalaman yang menegangkan dan juga pengalaman yang penuh dengan kelucuan. Kejadian atau peristiwa tersebut sangat terasa kurang kalau tidak pernah dibagikan kepada kepada orang lain, terutama teman sekelasmu.

Membagikan pengalaman kepada orang lain tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi bila kita menginginkan pengalaman yang akan kita bagikan tersebut membuat orang lain atau teman terasa terkesan dengan pengalaman kita. Agar menjadikan pengalaman yang akan kita bagikan lebih menarik dan dimengerti oleh teman untuk itu kita harus menyusun kerangka tulisan kita terlebih dahulu.

Cara menyusun kerangka karangan

Adapun cara menyusun karangan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Temukan terlebih dahulu ide cerita yang akan kami tulis.
Ide cerita disini adalah pengalaman kamu sendiri. Jadi tidak sulit bukan untuk menuliskannya. Apalagi setiap anak pasti selalu memiliki aktivitas yang berbeda. Nah, dari aktivitas itulah kita bisa menggunakannya sebagai karangan.
Ayo, sudahkah kamu menemukan ide dari pengalaman yang kami alami? Kalau belum silahkan pikirkan dulu.

2. Buat pokok-pokok peristiwa kecil
Setelah kamu menemukan ide untuk menulis cerita, maka selanjutnya buatlah pokok-pokok peristiwa kecil yang mendukung  peristiwa tersebut.

Misalnya sebagai contoh ketika kamu akan berangkat ke sekolah. Ide ceritanya adalah " Perjalananku ke Sekolah"

Dalam perjalanan kami ke sekolah pastilah ada peristiwa kecil yang kamu alami. Misalnya :
  • Ke sekolah dengan menaiki sepeda
  • Pemandangan indah selama perjalanan ke sekolah
  • Melewati rumah salah satu teman
  • Tiba di sekolah paling awal
  • Bersalaman dengan bapak/ibu guru .
Susunan kalimat inilah yang akan kita susun menjadi sebuah karangan. Jadi, setiap kalimat yang merupakan ide pokok dari karangan yang akan kamu buat menjadi beberapa paragraf. Sehingga kalau kita lihat dari kerangka karangan, maka selanjutnya akan menjadi lima paragraf.

3. Mengembangkan pokok pikiran kerangka karangan 
Setelah itu selanjutnya adalah mengembangkan pokok pikiran dari kerangka karangan tersebut. Kembangkan dengan membuat kalimat-kalimat pendukung dari kerangka tersebut. Nah, dengan demikian maka kamu tidak akan kesulitan untuk menyusunnya. Mengapa? karena semua itu adalah pengalaman yang kamu alami sendiri. Berikut akan kami sajikan contoh kerangka karangan berdasarkan pengalaman pribadi, yang kemudian akan dikembangkan menjadi sebuah karangan yang utuh.

Contoh kerangka karangan :
Judul Cerita : Perjalananku Ke Sekolah
  1. ke sekolah dengan menaiki sepeda
  2. indahnya pemandangan sepanjang perjalanan
  3. bersepeda bersama Agus sabahat karibku
  4. tiba di sekolah degan selamat
  5. bersalaman dengan guru
  6. belajar bersama dengan semangat
Nah, selanjutnya kerangka karangan tersebut akan kita kembangkan menjadi sebuah karangan yang padu berdasarkan pengalaman yang dialami.

Perjalananku ke Sekolah
      Aku bersekolah di sebuah sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumahku. Walaupun demikian aku salalu berangkat ke sekolah dengan menaiki sepeda. Sepeda yang aku pakai ke sekolah adalah hadiah ulang tahun dari  Ayah. Sepeda tersebut sangat aku sayangi.
      Perjalanan selama ke sekolah sangatlah indah. Indahnya pemandangan sepanjang perjalanan itu tidak bisa dibeli darimanapun. Rumah berjejer di pinggir jalan dengan kondisi rumah yang rapi. Pepohonan juga tampak tumbuh di pinggir jalan. Jadi desaku memang tidak kalah dengan desa lainnya.
     Setiap hari aku tidak pernah bersepeda sendirian. Bersepeda bersama Agus sahabat karibku. Agus adalah anak yang baik. Ia selalu membantu aku bila aku kesulitan dalam mengerjakan PR. Agus juga menaiki sepeda yang sama denganku, dan sepeda itu juga hadiah dari ayahnya.
      Aku pun tiba di sekolah dengan selamat. Setelah sampai di sekolah, sepeda aku taruh di tempat parkir. Kemudian aku masuk ruang kelas.
     Bersalaman dengan guru selalu aku lakukan sebelum memasuki ruang kelas. Budaya salim tersebut sudah sering dilakukan oleh sekolahku.Semua anak sangat menghormati guru dan pegawai di sekolah tersebut.
     Setelah memasuki ruang kelas, kamipun belajar bersama dengan penuh semangat. Belajar di kelas yang bersih dan nyaman. Belajar dengan penuh semangat.

Demikian ringkasan materi bahasa Indonesia kelas 5 menulis karangan berdasarkan pengalaman yang dapat saya sampaikan. Bila bermanfaat dalam proses pembelajaran Anda, jangan lupa untuk dibagikan.

Wasalam !

0 Response to "Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel