Jenis dan Unsur Cerita Rakyat Materi Kelas 5 SD Semester 1

Riyan Pedia [dot] Com_Jenis dan usur cerita rakyat materi kelas 5 SD semester 1_Kali ini kami akan membahas tentang materi unsur-unsur cerita rakyat. Materi kali ini khusus untuk siswa kelas 5 sekolah dasar semester 1 yang masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Materi tentang unsur-unsur cerita rakyat disini masuk kedalam keterampilan mendengarkan. Dalam pembelajarannya guru bisa membacakan cerita rakyat dari daerah setempat atau memutarkan sebuah cerita rakyat dari tayangan video. Sebelum lanjut kedalam pembahasan disini aman kami sajikan ringkasan materinya terlebih dahulu.

RINGKASAN MATERI USUR-UNSUR CERITA RAKYAT

Cerita rakyat merupakan cerita kuno yang beredar di masyarakat. Dimana cerita tersebut mengisahkan tentang kejadian sesuatu atau asal usul sebuah tempat. Di masyarakat cerita rakyat lebih dikenal dengan nama dongeng.

Ada beberapa jenis dongeng yang perlu anda ketahui, antara lain :

1. Fabel
Fabel merupakan cerita rekaan yang isinya mengisahkan tentang binatang. Dimana tokoh binatang dalam cerita tersebut mampu berbuat dan berbicara seperti manusia. Di dalam masyaraka sekarang ini banyak kita temukan animasi kartun yang binatang yang bisa berbicara. Beberapa contoh fabel seperti : Si Kancil, Monyet dan Kura-kura, dan masih banyak lagi di tiap daerah yang memiliki cerita yang bertemakan binatang

2. Legenda
Legenda adalah cerita rekaan yang dihubungkan dengan tempat terjadinya suatu tempat. Contoh : Terjadinya Rawa Pening, Terjadinya Gunung Tangkupan Perahu.

3. Sage
Sage adalah cerita rekaan yang dihubungkan dengan sejarah. Contoh : Saur Sepuh.

4. Mite
Mite adalah cerita rekaan yang dikaitkan dengan kepercayaan terhadap dewa-dewa dan roh.
contoh mite adalah cerita Nyai Roro Kidul

5. Parabel
Parabel adalah cerita perumpamaan yang di dalamnya berisikan kiasan-kiasan yang bersifat mendidik.  Contoh cerita bawang merah dan bawang putih

Dalam cerita rakyat sudah pasti kita akan menemukan beberapa unsur di dalamnya. Adapun unsur-unsur cerita rakyat adalah sebagai berikut :

1. Tokoh
Tokoh dalam cerita rakyat adalah para pemain atau pelaku dalam cerita. Tokoh dalam cerita rakyat memiliki sifat, tingkah laku yang berbeda satu sama lain.

2. Latar
Latar marupakan tempat kejadian peristiwa. Latar dalam cerita rakyat sangat beragam. Latar dalam cerita rakyat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu : latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Latar tempat misalnya : di desa, di hutan, di sungai, di pantai, di sawah dan tempat lainnya. Latar waktu misalnya : pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari. Latar suasana misalnya : menggembirakan, mencekam, menegangkan, mengerikan, menyedihkan, atau mengharukan.

3. Alur
Alur merupakan jalannya cerita dimana memiliki hubungan sebab akibat.

4. Amanat
Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan dari pengarang kepada pembaca. Pesan disini bisa berupa nasihat yang diperoleh oleh pembaca setelah membaca cerita tersebut

Demikian ringkasan singkat tentang jenis dan unsur cerita rakyat yang bisa kami sampaikan kali ini. Semoga ringkasan ini bisa menjadi referensi bagi guru kelas khususnya guru kelas5 sekolah dasar yang sedang dan akan mengajarkan materi cerita rakyat kepada siswa kelas 5.

Wasalam, semoga bermanfaat !!!

0 Response to "Jenis dan Unsur Cerita Rakyat Materi Kelas 5 SD Semester 1"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel