Lakukan Tindakan Ini Saat Anda Tiba di Sekolah

Bagi anda yang berprofesi sebagai guru tentunya sekolah merupakan rumah kedua bagi anda. Jelas nsekali karena hampir setiap hari anda bekerja disana. Guru memang adalah sosok yang selalu dinanti oleh siswanya. Gambaran guru yang penuh dengan semangat, kehangatan, dan penuh dengan cinta selalu dinanti oleh siswa.

Menjadi sosok yang selalu dinanti oleh siswa di sekolah, mengharuskan anda selalu tampil penuh dengan keceriaan dan semangat. Jangan sampai masalah yang anda hadapi malah membuat anda menjadi sosok yang ditakuti oleh siswa anda. Guru tentu ingin menjaga wibawa di depan siswa. Menjaga wibawa didepan siswa tidak mesti menjadikan diri kita sosok yang ditakuti oleh siswa. Dan tidak juga siswa kita sosok yang terlalu lancang dan berani kepada guru. Jadilah sosok yang insipiratif. Inspiratif yang mampu menginspirasi siswa sehingga memunculkan ide kreatifitas dalam diri siswa.

Untuk menjadikan diri kita sebagai pribadi yang inspiratif dan disenangi oleh siswa kita sekaligus mereka akan hormat kepada guru, maka guru harus memulai dengan menunjukkan sikap kepada siswa. Sikap yang bagaimana? tentunya sikap yang terpuji. Wah mungkin terlalu hal tersebut selalu normatif bagi anda. Jelas, sekali berbicara menjadi figur pendidik yang baik memang tidak mudah. Kita manusia memang tidak luput dari kesalahan, namun bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan yang terbaik kepada siswa. Aktualisasi diri merupakan bentuk wujud menjadi sosok yang ditiru oleh siswa. Salah satunya adalah sikap kita saat tiba di sekolah.

Pernahkah anda mengingat kembali apa yang anda lakukan ketika tiba di sekolah? apakah anda langsung menuju kantor dan menaruh tas anda diatas meja kemudian langsung menyiapkan materi pembelajaran berikut dengan segala persiapan pembelajarannya?

Tentu sangat beragam kegiatan yang dilakukan guru saat tiba di sekolah. Namun, saya sarankan anda tidak lupa untuk melakukan kegiatan berikut ini. Sehingga siswa anda akan lebih merasa diperhatikan dan menimbulkan sikap yang hormat kepada guru.

Adapun tindakan yang bisa anda lakukan saat tiba di sekolah yang mendukung menjadikan guru sebagai sosok yang inspiratif adalah sebagai berikut :

1. Sapalah siswa anda ketika tiba di sekolah

Menyapa mengkin biasa anda lakukan pada rekan atau kerabat anda manakala saling bertemu ditempat dan waktu tertentu. Saat bertemu tersebut mungkin anda akan bertanya sedikit, seperti kabar atau bagaimana pekerjaan kerabat anda tersebut. Hal yang sama juga mesti anda lakukan kepada siswa anda. Mengapa demikian? karena dengan menyapa siswa anda saat anda tiba di sekolah akan memberikan suasana kedekatan dalam hati siswa. Mereka akan merasa sangat dekat dan diperhatikan oleh guru. Cukup dengan menanyakan kabar mereka hari ini, membeikan pujian atas kehadiran mereka tepat waktu, atau bisa juga dengan memuji penampilan siswa anda pagi itu.

2. Senyumlah saat mereka salim kepada anda

Berikan senyuman yang tulus kepada mereka. Dengan tersenyum tentu anda akan terlihat lebih menarik dan percaya diri. Siswa yang melihat anda pastilah akan merasa kalau anda adalah guru yang penuh dengan keceriaan. Bagaimana anda bisa mengajarkan siswa untuk selalu hidup ceria kalau di wajah anda tidak sedikit pun tampak senyuman yang indah disana.

3. Dampingi siswa anda melakukan pembersihan sekolah / kelas

Setiap pagi tentu siswa melakukan kegiatan pembersihan sekolah atau kelas. Nah, anda sebagai guru jangan cuma berdiri dan menyuruh mereka bekerja. Ikut membantu mereka mengambil pekerjaan tersebut tentu akan menambah kewibawaan anda sebagai sosok yang senantiasa memberikan contoh kepada siswa.

4. Memberikan contoh dengan ikut membaca pada waktu jam wajib baca

Sekarang ini pemerintah menerapkan program penumbuhan budi pekerti melalui kegiatan wajib baca 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Nah, dalam kegiatan tersebut usahakan anda sebagai guru ikut membaca buku. Sehingga siswa akan memperoleh contoh yang nyata dari guru kalau membaca itu sangat penting dan harus dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, tidak terkecuali guru.

Bagaimana, apakah anda sudah melakukan hal tersebut selama anda tiba di sekolah? Saya yakin anda pasti sudah melakukannya. Konsistensi dalam melaksanakan kegiatan tersebut harus anda lakukan. Jangan sampai kegiatan tersebut hanya anda lakukan pada waktu tertentu.
Demikian tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat. Wasalam (gnr)

0 Response to "Lakukan Tindakan Ini Saat Anda Tiba di Sekolah"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel