Cara Kreatif Pembelajaran Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Materi IPA Kelas 5 SD

Cara kreatif pembelajaran penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya materi IPA kelas 5 SD -  Selamat berjumpa kembali kawan pembelajar dimanapun anda berada. Terimakasih atas kunjungan anda di website berbagi informasi pendidikan dan pengalaman mengajar, RIYANPEDIA.com

Postingan saya kali ini adalah tentang cara kreatif dalam pembelajaran penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya. Mungkin bagi kawan pendidik SD sudah berjuang keras menciptakan pembelajaran pada materi penyesuaian makhluk hidup pada lingkungannya agar lebih meyenangkan dan efektif, namun tetap saja siswa kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran.

Ketidak efektivafan kegiatan pembelajaran bisa kita temukan dari, kurangnya semangat siswa dalam mempelajari materi, siswa tidak mampu mengingat apa yang dipelajari dengan baik, siswa jarang ada yang bertanya ketika diberikan kesempatan bertanya dan tidak ada yang menjawab ketika diberikan pertanyaan.

Materi penyesuaian mahkluk hidup sudah dibelajarkan di kelas 5. Dalam materi tersebut disajikan bagaimana tumbuhan dan hewan melakukan penyesuaian terhadap lingkungannya atau adaptasi dengan maksud dan tujuan tertentu.

Pengalaman pembelajaran ini saya terapkan di kelas yang saya ampu. Saat itu siswa di kelas 5 dengan jumlah 29 siswa kurang memiliki motivasi yang tinggi untuk membaca. 

Siswa lebih senang bermain daripada membaca. Bahkan pernah ketika saya menugaskan mereka untuk membaca sebuah materi pembelajaran, hanya sebagian kecil siswa yang bersemangat untuk menemukan informasi yang ditugaskan.

Merenungkan kegiatan pembelajaran yang saya lakukan

Mengalamai situasi tersebut saya pun mulai merenungkan kegiatan pembelajaran yang telah saya laksanakan. Pada waktu itu pembelajaran dengan materi pokok Penyesuaian diri mahkluk hidup terhadap lingkungannya. 

Dari temuan tersebut ada beberapa hal yang membuat situasi pembelajaran yang kurang menarik, yang membuat siswa tidak diberikan kesempatan untuk lebih mengeksplorasi materi pembelajaran secara mandiri.

  1. Guru lebih banyak memberikan ceramah dalam pembelajaran
  2. Media yang digunakan guru hanya bersifat tontonan dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktraktif ( motorik, pikiran, dan interaksi personal siswa )
  3. Sumber referensi bacaan yang kurang dan hanya mengandalkan buku paket
Dari temuan tersebut saya pun mulai merancang sebuah kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan lebih atraktif, sehingga siswa dapat lebih kreatif di dalam belajar. 

Maka dari itu saya pun mulai merancang kegiatan yang berisikan permainan, namun dengan tetap fokus pada tujuan pembelajaran.

Adapun rancangan yang saya lakukan untuk meningkatkan semangat belajar, kebermaknaan pembelajaran, dan kefektivan kegiatan pembelajar yaitu dengan melakukan permainan "Inilah Hewan Pilihanku "

Adapun tahapan permainan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih hewan yang mereka sukai, misalnya burung elang, bebek, burung pipit, burung kolibri, burung kakaktua, cicak, ayam, hariamu, dan berbagai jenis hewan lainnya.
  2. Siswa mencari informasi tentang kemampuan yang dimiliki oleh hewan tersebut dalam melindungi dirinya dari pemangsa dan dalam mencari makanan untuk mempertahankan hidupnya.
  3. Siswa mencari informasi tentang kemampuan hewan tersebut dalam buku sumber, ensiklopedia, atau internet (bila sekolah anda tersedia, anda bisa menggunakannya. Tetapi dengan catatan siswa tetap didampingi dalam mencari informasi di internet)
  4. Setelah menemukannya, siswa juga mencari gambar hewan tersebut.
  5. Selanjutnya siswa menceritakan keistimewaan hewan tersebut dalam kemampuannya menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
  6. Siswa saling menanggapi penyampaian dari siswa yang menyajikan keistimewaan hewan tersebut.
  7. siswa bersama guru merangkung kegiatan pembelajaran


0 Response to "Cara Kreatif Pembelajaran Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Materi IPA Kelas 5 SD"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel