Cara Menjauhkan Anak dari Jajanan Sekolah yang Tidak Sehat

Cara menjauhkan anak dari jajanan sekolah yang tidak sehat - Yang namanya anak sekolah dasar tentu yang paling mereka nantikan selepas belajar adalah jajanan yang dijual di kantin sekolah. Beragam jenis makanan di jual di kantin sekolah, yang mampu mengembalikan semangat anak untuk kembali bersemangat dalam belajar.

Namun tidak semua jajanan yang dijual oleh kantin sekolah memberikan manfaat yang baik bagi siswa. Banyak jenis jajanan yang ditawarkan hanyalah sebatas enak dan minim manfaat bagi perkembangan pertumbuhan anak.

Tentu mengetahui kondisi seperti ini akan membuat para orang tua merasa khawatir akan kesehatan buah hati mereka. Anda sebagai orang tua jangan menyalahkan anak begitu saja bila di sekolah anak suka jajanan yang manis-manis atau jenis makanan lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa sekolah dan orang tua lakukan agar anak terhindar dari pengaruh jajanan sekolah yang tidak sehat. Apa saja cara tersebut?
sumber foto : JPNN.com
1. Memberikan pemahaman kepada anak untuk senantiasa membeli makanan yang sehat
Sebagai orang tua anda juga memiliki kewajiban untuk memberikan pengetahuan. Salah satunya adalah pengetahuan tentang memilih makanan sehat. Bila sedari kecil setiap keluarga sudah memberikan pemahaman kepada anak akan arti makanan sehat, tentu sang buah hati tidak akan membeli jajanan sembarangan. Mereka pastinya akan senantiasa memilih jajanan yang layak untuk dikonsumsi.
Pihak sekolah pun bisa memberikan pengetahuan tersebut di dalam kegiatan pembiasaan di sekolah. Siswa dibiasakan agar memiliki keterampilan untuk mengetahui jenis jajanan sehat dan tidak sehat.

2. Memberikan bekal makanan yang dimasak di rumah kepada anak
Bila anda ingin anak anda jauh dari jajanan sekolah yang tidak sehat, maka sempat membuatkan makanan yang sehat kepada buah hati anda. Tentu dengan membuatkan makanan sebagai bekal ke sekolah, anda tidak akan khawatir dengan jajanan yang akan dikonsumsi anak anda. 

namun, seiring dengan kesibukan para orang tua untuk bekerja kadang melupakan hal yang satu ini. Apalagi bagi para orang tua yang hanya sebagai buruh tani. Mereka tentu tidak sempat membuatkan makanan kepada anak mereka. 

Anak mungkin akan dibekali hanya dengan uang saku beberapa rupiah. Alhasil kadang anak membeli jajanan yang tidak sehat. Nah, bagi anda para orang tua. Sesibuk apapun sempatkanlah membuatkan bekal makanan untuk anak anda. Bagaimanapun anak adalah aset masa depan berharga anda. 

3. Bekali anak dengan makanan buah dan sayur
Apakah anda pernah mengajarkan kepada anak untuk suka memakan buah dan sayur. Mungkin sebagian dari para orang tua sering berkata kalau buah hati mereka sulit sekali makan buah dan sayuran. Sebelum anda mengatakan hal tersebut, sudahkah anda memulai dari diri anda. Membiasakan menghidangkan pada menu makanan di rumah setiap hari dengan buah dan sayuran. 
Buah dan sayuran sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah kaya akan vitamin yang banyak dibutuhkan oleh anak dimasa pertumbuhan. Sayuran banyak mengandung serat yang bisa membantu pencernaan agar semakin lancar.

4. Sekolah senantiasa mengecek secara rutin jenis jajanan yang dijual di kantin sekolah
Cara lain dalam menjauhkan anak dari jajanan sekolah yang tidak sehat adalah dengan melibatkan sekolah di dalam mengawasi jajanan yang dijual di sekolah. Pengawasan terhadap kantin di sekolah harus dilakukan. Pemberian pengarahan misalnya, sekolah bisa memberikan pengarahan kepada para pedagang di kantin sekolah untuk menjual makanan sehat. Kemudian senantiasa mengawasi serta menyidak jajanan yang di jual di kantin.

Demikian artikel tentang cara menjauhkan anak dari jajanan sekolah yang tidak sehat. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya di RIYANPEDIA.com

0 Response to "Cara Menjauhkan Anak dari Jajanan Sekolah yang Tidak Sehat"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel