Mengenal Lapisan Atmosfer Bumi

Mengenal lapisan atmosfer bumi -  Udara di tepat saya hari ini benar-benar sejuk. Saya harap udara di tempat anda pun demikian. Pernahkah anda bayangkan kalau sebenarnya udara kita itu memiliki lapisan-lapisan yang sangat membantu kehidupan manusia di bumi ini. Kalau anda pernah makan kue lapis seperti itulah lapisan udara kita.

Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut dengan nama atmosfer. Setiap lapisan atmosfer memiliki karakteristik tersendiri. Sama dengan kue lapis yang pernah kawan-kawan makan. Ada warna-warninya bukan?

Secara keseluruhan lapisan atmosfer bumi ini akan melindungi bumi. Kawan-kawan bisa bayangkan pada siang hari bila bumi tidak dilindungi atmosfer. Tentu panas matahari akan membakar lebih panas rasanya dari apa yang sobat rasakan saat ini.

Demikian pula sebaliknya, tanpa adanya atmosfer bumi di malam hari. Tentu rasa dingin yang teramat tajam menusuk kulit sobat yang lebut.

Lapisan-lapisan atmosfer terdiri dari beberapa lapisan. Dimana setiap lapisan memiliki karakteristik tersendiri. Berikut ini akan saya infokan ke sobat semua tentang lapisan atmosfer bumi yang kita cintai ini.

1. Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer ini terbentang setinggi 10 km dari permukaan bumi sobat. Lapisan troposfer merupakan lapisan yang paling dekat dengan bumi. Sobat juga harus tahu, kalau lapisan atmosfer inilah yang mempengaruhi cuaca. Jadi, cuaca di beberapa daerah bisa saja berbeda sobat. Sekarang saja di daerahku sudah mulai cuacanya hujan melulu... bagaimana dengan di daerah sobat?

2. Lapisan Stratosfer
Lapisan atmosfer ini merupakan lapisan kedua dari bawah, dimana berjarak 10 - 50 km diatas permuakaan bumi. Apakah sobat pernah terbang setinggi itu? Perlu sobat ketahui bahwa pada lapisan inilah lapisan ozon  itu berada. Lapisan ozon harus dijaga dengan baik oleh manusia sebab lapisan ini yang melindungi bumi dari sinar ulatraviolet.

3. Lapisan Mesosfer
Lapisan messosfer memiliki jarak 50 - 80 km diatas permuakaan bumi. Suhu udara pada lapisan mesosfer sangat dingin, bisa mencapai -100 derajat celcius.

Suhu yang amat dingin inilah yang membuat meteor dari luar angkasa yang begitu panas akan pecah dan berubah bentuk. Meteor akan menjadi batuan-batuan kecil yang tidak akan membahayakan lagi bagi bumi.

4. Lapisan Termosfer
Lapisan termosfer berjarak 80 - 500 km diatas permukaan bumi. Pada lapisan ini sobat akan bisa melihat efek cahaya pada kutub, yang disebut dengan nama aurora.

5. Lapisan Eksosfer
Lapisan atmofer ini merupakan lapisan terluar sobat dan terjauh. Memiliki jarak ketinggian 700 km dari permukaan bumi. Nah, setelah lewat dari lapisan ini, maka sobat akan sampai pada angkasa luar. Wah, titu sudah ruang hampa udara sobat. Dimana gravitasi sudah tidak ada. Maka sobat akan bisa melayang-layang seperti astronot.


Demikian sobat informasi singkat tentang mengenal lapisan atmosfer bumi. Semoga tulisan sederhana ini memberikan informasi dan menambah pengetahuan sobat.

Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya di website RIYANPEDIA.com

Wasalam !!!


0 Response to "Mengenal Lapisan Atmosfer Bumi"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel