“Sapu Lidi Sebagai Contoh Persatuan dan Kesatuan “Materi Pengayaan Tema 1 Kelas 4 SD

Kata persatuan dan kesatuan sudah sering di dengar dan disampaikan oleh sebagian besar masyarakat. Bahkan  sebagai seorang siswa pastinya sudah sering mendengarkan kata tersebut. Persatuan dan Kesatuan memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Baik di kehidupan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Persatuan dan kesatuan memberikan manfaat yang sangat besar sekali terhadap keberhasilan sebuah rencana atau pekerjaan. Jika bisa diibaratkan, sebuah persatuan seperti seikat sapu lidi.

Seperti yang kita ketahui, sapu lidi tersebut terbentuk dari ikatan beberapa batang lidi. Semakin banyak lidi yang dikumpulkan dan diikat maka sapu tersebut akan semakin besar dan kuat. Tentu jika kita ingin mematahkan sapu lidi tersebut dibutuhkan tenaga yang sangat besar, bahkan tidak akan mampu dipatahkan dengan tangan kosong.

Sebaliknya jika kita mengambil hanya satu batang lidi dari sapu tersebut kemudian kita patahkan, tentu tidak akan sulit untuk melakukan hal tersebut. Jika sapu lidi tersebut diibaratkan dengan bangsa ini, maka lidi-lidi yang ada di dalamnya bisa kita ibaratkan dengan keberagaman yang ada di negara kita.

Mulai dari keberagaman suku, agama, adat istiadat, budaya, tradisi, bahasa daerah, warna kulit, dan suku. Jika kita tidak mau bersatu seperti seikat sapu lidi, maka akan sangat mudah orang lain memecah belah bangsa kita. Kita akan mudah dipatahkan seperti mematahkan satu batang lidi. Namun ketika kita mau bersatu maka akan sangat sulit orang lain untuk mematahkan (memecah-belah) bangsa kita.

Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.

Dengan bersatu seperti sapu lidi maka bangsa kita akan menjadi kuat. Kekuatan tersebut dapat kita ciptakan dengan rasa kebersamaan dalam sebuah ikatan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai dasar negara harus senantiasa dijadikan sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara di tengah perbedaan dalam masyarakat kita.

Dengan perbedaan kita menjadi sebagai kaya.Dengan keberagaman kita menjadi semakin sadar untuk saling bersatu dan melengkapi. Perbedaan bukan membuat kita lemah dan terpecah. Justru perbedaan harus kita jadikan sebagai alat untuk bersatu.

Jadi sapu lidi memiliki makna yang sangat dalam dalam persatuan dan kesatuan. Dengan bersatu maka kita akan semakin kompak. Dengan kekompakan maka kita akan semakin kuat, maka marilah kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dalam setiap kehidupan kita.

Kembali pada cerita sapu lidi. Bila kita menggunakan sebatang lidi untuk menyapu halaman yang penuh dengan sampah, pastinya akan sangat sulit. Tidak akan mudah jika kita menggunakan hanya sebatang lidi untuk mengumpulkan sampah.

Namun, dengan seikat batang lidi menjadi sapu kita pasti mudah membuat halaman bersih dari sampah.Apalagi sapu lidi yang digunakan tersebut masih bagus dan lidinya sangat banyak.

Kaitan sapu lidi dengan persatuan dan kesatuan memberikan makna bahwa kita bisa mengusir/mengatasi segala masalah jika kita bisa bersatu. Namun, ketika kita berusaha untuk bekerja sendiri dalam menyelesaikan sebuah masalah yang besar, tentu akan menemukan kesulitan.

Dengan persatuan dan kesatuan maka pekerjaan yang berat akan menjadi ringan. Seperti  halnya menyapu dengan sabatang lidi saja. Tentunya akan sangat sulit jika kita mamaksakan hal tersebut. Sebaliknya dengan seikat sapu, maka tidak akan sulit untuk mebersihkan sebuah halaman.

Demikianlah makna yang bisa kita petik dari sebuah sapu lidi terkait dengan persatuan dan kesatuan. Semoga materi pengayaan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, terutamanya siswa kelas 4 sekolah dasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel