Cara Menjauhkan Anak dari Kecanduan HP atau Gadget



Sayang orang tua kepada anak do zaman sekarang ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Memberikan apa yang membuat anak senang adalah salah satu bentuk kasih sayang mereka. Meskipun ada beberapa orang tua di berbagai belahan dunia sana yang menyianyiakan kesempatan untuk menjadi orang tua yang baik.  Mereka malah ada yang menelantarkan bahkan membuang begitu saja buah hatinya yang baru lahir.

Terlepas dari hal itu semua, kasih sayang orang tua pada anaknya memang tidak bisa diukur. Kasih sayang orang tua memang bagaikan sang Surya yang memancarkan cahayanya kepada semua makhluk.

Karena begitu besarnya rasa sayang, kadang apa yang diinginkan anak segera diberikan oleh orang tua. Bahkan ada yang memberikan HP atau gadget agar anak tidak rewel. 

Akibatnya anak menjadi kecanduan dengan HP. Sedikit nangis sudah diberikan. Jika anak tersebut di usia sekolah, mereka habiskan semua waktunya untuk bermain dengan gadget. Hem....sungguh mengecewakan sekali hal tersebut. 

Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar sang buah hati tidak kecanduan dengan gadget. 

1. Jangan mudah memberikan HP
Ketika anak kita sedang rewel maka jangan buru-buru mengalihkan perhatian mereka dengan HP. Anda bisa memberikan sesuatu selain HP untuk membuat anak tidak rewel. 

Beberapa orang tua di seputar tempat tinggal saya saat anaknya rewel mereka menghibur sang anak dengan memberikan makanan. Paling sering menggunakan buah buahan atau mainan lainnya. Cara ini cukup efektif. 

2. Perbanyak aktivitas motorik bersama anak
Jika anak Anda belum memasukkan usia sekolah maka banyaklah ajak mereka melakukan aktivitas motorik. Misalnya belajar masang pasel atau bisa juga dengan bermain Lego. 

3. Ajak anak bermain permainan tradisonal
Agar anak Anda terbebas dari kecanduan gadget, anda bisa melakukan kegiatan permainan tradisonal. Melalui permainan tradisional maka sikap sosial dan keterampilan motorik anak akan terlatih. 

Sikap sosial seperti kerja sama,saling menghargai, kerja keras dan belerja kelompok serta melatih keterampilan motorik dan otot siswa hanya dengan permainan ini. 

4. Berikan penjelasan pada anak, tentang bahaya penggunaan gadget secara berlebihan 
Agar anak dapat menggunakan gadget secara bijaksana maka diperlukan pemaparan dari orang tua  yang bersangkutan akan bahaya penggunaan gadget secara berlebihan. 

Ketika anak Anda masih usia balita maka Anda bisa memberikan contoh kalau menggunakan gadget secara berlebihan sangat tidak baik. Dengan pemberian contoh maka anak  akan lebih mengerti tentang bahaya penggunaan gadget  yang berlebihan. 

5. Ajak anak untuk lebih mengenal alam daripada menatap gadget. 
Cobalah untuk mengajak anak Anda bermain di alam terbuka daripada mereka terkukung di dalam kamar sambil menantap layar kaca. 
Dengan mengajak mereka bersentuhan langsung dengan alam justru akan lebih memberikan efek positif bagi perkembangan anak. 

Demikian sekelumit cara sederhana dalam mencegah agar anak tidak kecanduan bermain gadget. 

Mungkin sobat membaca juga memiliki tips-tips tersendiri dalam mengatasi masalah seperti ini. Jika ada mari bagikan di kolom komentar di bawah artikel ini. 

Terimakasih. 


0 Response to "Cara Menjauhkan Anak dari Kecanduan HP atau Gadget"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel