Jawaban Tematik Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembalajaran 2 Halaman 146 – 149

Kini kita akan membahas pembelajaran 2 pada subtema 3 tema 6 pembelajaran tematik kelas 5. Nah sebelum lanjut, masih ingatkah kalian dengan sifat hantaran benda? Ya beberapa jenis benda ada yang dapat menghantarkan panas dan tidak dapat mengantarkan panas. Pada alat tremos bisa kita lihat beberapa jenis benda yang memiliki sifat hantaran panas.

Baik, berikut ini mari kita baca bersama tentang sejarah Termos yang patut kita ketahui bersama.

Sejarah Termos

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos
untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya
akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk
mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.


Nah setelah tadi kita membaca teks bacaan yang berjudul Sejarah Termos yang terdiri dari tiga buah paragraf. Selanjutnya kita akan mencari informasi penting yang ada pada paragraf tersebut.


Hal-hal penting yang terdapat pada teks bacaan di atas adalah :
Jawaban Tematik Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembalajaran 2 Halaman 146 – 149

Paragraf 1
Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis.
Dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.


Paragraf 2
Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar.

Paragraf 3
Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol Hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.


Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan
menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apakah fungsi sebuah termos?
Jawaban :
Membantu menjaga suhu panas minuman/air.

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?
Jawaban :
Terbuat dari tabung yang berbentuk kaca.

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas. 
Jawaban : bisa menggunakan langkah-langkah menggambar termos dari contoh yang ada di buku siswa.

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir
sama dengan termos?
Jawaban :
Penghangat nasi.

Ayo Membaca !
Ayo Membaca
Selain termos, tentu kamu pernah melihat benda-benda di sekitarmu yang
menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan berbagai kegunaannya.
Bacalah bacaan berikut yang disadur dari sebuah buku pelajaran elektronik ini
dengan saksama.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?

Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibuat dari bahan konduktor sebagai penghantar. panas.

Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.


Hal-hal penting yang termuat dalam teks bacaan diatas adalah sebagai berikut :

Paragraf 1
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator.

Paragraf 2
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat konduktor dan isolator.

Paragraf 3
Aluminium merupakan penghantar panas yang baik.
Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Paragraf 4
Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Jawaban Tematik Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembalajaran 2 Halaman 146 – 149"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel