-->

Peran Pendidikan Keluarga Bagi Anak



Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dialami oleh seorang anak. Dalam keluarga pula anak mengetahui banyak hal sejak pertama kali mereka ada di dunia ini. 

Seorang anak merupakan dambaan bagi setiap keluarga. Kehadirannya merupakan sebuah anugrah yang tiadatara. Maka tidak sedikit keluarga mencurahkan kasih sayangnya dengan begitu besar. Sehingga membuat seolah-olah manjakan anak tersebut. 

Memberikan kasih sayang memang sudah menjadi tanggung jawab orang tua. Namun, jangan sampai kasih sayang tersebut malah membuat anak itu menjadi berprilaku buruk. Manja, apapun keinginannya harus terpenuhi, egois, dan ingin menang sendiri. 

Nah, untuk itulah perlunya pendidikan keluarga bagi anak. Dalam pendidikan keluarga tidak banyak ada teori. Anak akan belajar secara langsung. 

Dalam pendidikan keluarga juga tidak perlu guru khusus. Guru adalah orang tua itu sendiri. Dan orang tua ada─║ah guru. Nah jadi dalam pendidijan keluarga orang tua menjadi figur orang tua dan juga guru bagi anak.

Peran pendidikan keluarga sangatlah penting bagi anak. Melalui pendidikan keluarga ada banyak hal yang bisa orang tua belajarkan pada anak, untuk bekalnya dalam bersosialisasi dengan teman atau masyarakat di kemudian hari.

Berikut beberapa peran pendidikan keluarga yang dapat saya rangkumkan. 

1. Memupuk rasa kasih sayang 
Pemberian kasih sayang pada anak secara tepat akan melatih kepeduliannya kepada orang lain. Jika anak terbiasa dengan kasih sayang maka mereka pun akan mampu memberikan kasih sayang pula kepada orang lain. 

2. Menumbuhkan kepercayaan diri anak
Ana yang selalu dihargai dari setiap hasil karyanya, akan senantiasa merasa percaya akan kemampuan dirinya. Keluarga berperan dalam hal_iini. Jangan sekali-kali mencela atau meledek hasil karyanya, sekalipun masih dalam bentuk sederhana. 

3. Saling berbagi
Latihlah anak Anda untuk terbiasa belajar berbagi. Misalnya berbagi dengan saudara atau keluarga terdekat. Berbagi dalam artian ikut membantu dan merasakan kesulitan yang dialami orang lain. 

4. Sopan santun
Penting bagi kita sebagai orang tua untuk membelajarkan anak sopan santun. Hal ini bisa anda lakukan manakala bertamu ke rumah sanak keluarga . 

Pada kesempatan tersebut, anda bisa melatih anak untuk dapat bersopan santun kepada orang lain terutama pada orang yang lebih tua.

Ajarkan mereka bagaimana bersikap ketika ada orang lain yang bertamu ke rumah. Dengan begitu maka mereka akan terlatih sejak dini bagaimana bertata krama. 

5. Melatih mengamalkan ajaran agama yang dianut
Orang tua merupakan guru pertama yang anak temui dalam hidup ini. Maka dari itu sangat diperlukan peran penting orang tua dalam keluarga mengajarkan nilai-nilai sosial termasuk keagamaan. 

Pemahaman konsep-konsep dasar dalam sembahyang misalnya patut dikenalkan oleh orang tua. Tentunya dengan pendidikan agama sejak dini di keluarga akan menjadikan anak kita sebagai insan yang beragama. 

Masih banyak lagi tentunya peran penting pendidikan keluarga yang memang harus senantiasa dilakukan oleh para orang tua. Kita harus paham, bahwa suksesnya pendidikan anak tidak hanya dipengaruhi karena sekolah saja, tetapi keluarga yang menjadi pondasi awal pendidikan juga ikut mengambil perannya dalam mensukseskan pendidikan anak tersebut. 

Wasalam.  

0 Response to "Peran Pendidikan Keluarga Bagi Anak"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel