-->

Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 7 Kelas 5 Sekolah Dasar

Selamat berjumpa kembali sobat pembaca terutama para pendidik yang sedang membaca artikel dari Blog Riyanpedia.com, nah sekarang kita akan membahas langkah-langkah pembelajaran.

Jika kita baca secara detail langkah-langkah pembelajaran sebenarnya sudah dijelaskan pada buku guru di semua tema yang terdapat pada buku tematik kelas 5. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba langkah pembelajaran yang lebih sedikit kreatif agar terkesan tidak kaku dan monoton.

Oke langsung saja berikut ini kita akan mulai membahas langkah-langkah pembelajaran pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5.  Sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui atau tujuan pembelajarannya. Mengapa saya bilang mengetahui, karena pada buku guru, tujuan pembelajaran sudah dirumuskan. Akan tetapi, guru masih bisa menyusun tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Adapun tujuan pembelajaran yang terdapat pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5 sekolah dasar adalah sebagai berikut :

1. Dengan membaca, siswa dapat mengetahui peristiwa pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan membuat peta pikiran, siswa dapat mengidentifikasi peristiwaperistiwa penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan dengan penuh tanggung jawab.
3. Dengan membaca, siswa dapat memahami kalor dapat mengubah suhu benda dengan penuh percaya diri.
4. Dengan mencoba, siswa dapat mengetahui kalor dapat mengubah suhu suatu benda dengan penuh tanggung jawab.

Setelah kita mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dicapai barulah kita bisa merancang langkah-langkah pembelajarannya. Seperti biasa dalam langkah pembelajaran pastinya kita akan menemukan tahapan mulai dari tahap pendahuluan, kegiatan inti dan tahapan kegiatan penutup.

A. Langkah pembelajaran pada tahap pendahuluan.

  1. Guru memasuki ruang kelas dengan suasana yang hangat. Jangan sampai anda memasuki ruang kelas dengan wajah yang masam. Apalagi dengan mata merah dan berapi-api, wah bisa bahaya. Boro-boro siswa anda akan mengikuti pembelajaran, malah mereka bakalan ketakutan. Jadi yang tepat anda lakukan berikan senyuman dan wajah yang ceria saat anda masuk ruang kelas.
  2. Sapa siswa dengan menanyakan kabar mereka hari ini. Jangan buru-buru langsung memulai pelajaran. 
  3. Berikan yel-yel penyemangat di awal pembelajaran, hal ini dilakukan untuk menambah semangat dan daya tarik siswa agar siap menerima materi pada pembelajaran pagi ini. 
  4. Berikan stimulus dengan menunjukkan gambar yang berhubungan dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan. 
  5. Setelah siswa mengamati gambar tersebut, berikan pertanyaan seputar gambar tersebut. Misalnya; Ada yang tahu siapa orang yang berdiri di depan mikrofon pada gambar yang Bapak bawa? Ada yang tahu peristiwa apakah yang terjadi pada gambar tersebut? Kapan peristiwa itu terjadi? 
  6. Berikan siswa menjawab sesuai dengan pengamalan yang mereka tahu. Ketika siswa menjawab benar atas pertanyaan yang anda ajukan, jangan lupa untuk memberikan penguatan kepada siswa  tersebut, jangan diabaikan begitu saja.
  7. Selanjutnya tugas anda sebagai guru untuk memberikan penjelasan agar tidak terjadi kekaburan informasi atas jawaban-jawaban yang disampaikan siswa. 
  8. Sampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan kali ini.


B. Langkah Pembelajaran pada Tahap Kegiatan Inti

  1. Siswa membaca teks bacaan yang terdapat pada buku siswa dengan judul “Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi”
  2. Siswa menemukan kata-kata sulit yang belum mereka ketahui. Dalam kegiatan ini, guru mendampingi siswa menganalisis kosakata yang baru bagi siswa. Kegiatan ini tidak dimonopoli guru, siswa lain juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa yangg mereka ketahui terkait dengan kosakata baru. 
  3. Guru memberikan penekanan kepada siswa terkait dengan penulisan kosakata yang benar. Jadi pada tahapan ini ditekankan kata-kata baku dan tidak baku. Guru juga bisa memperluasnya menjadi pemahaman tentang kalimat efektif dan tidak efektif.
  4. Selanjutnya siswa mendaftar kosakata baku yang berhasil mereka temukan kemudian mencari arti dari kata tersebut. Fasilitas berupa kamus, perlu dipersiapkan oleh guru. Namun jika kamus tidak memungkinkan, guru bisa menggunakan kamus bahasa Indonesia secara online, sehingga memudahkan dalam pencarian arti kata.
  5. Guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang tahapan dalam mencari kata-kata dalam kamus.
  6. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. Tujuan kegiatan tersebut untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap teks bacaan yang telah dibaca.
  7. Siswa menceritakan informasi terkait dengan peristiwa dalam pembacaan teks proklamasi. Siswa bisa menceritakan secara lisan di depan kelas.
  8. Guru melaksanakan tanya jawab dan memberikan penjelasan penekanan terhadap konsep yang belum dikuasai siswa.
  9. Siswa menyimpulkan aktivitas yang telah dilaksanakan tadi terkait dengan peristiwa dalam pembacaan proklamasi kemerdekaan.
  10. Guru mengaitkan peristiwa pembacaan teks proklamasi yang dilaksanakan pada pukul 10.00 dengan kondisi udara pada terik panas di jam 10 pagi tersebut.
  11. Siswa mulai melakukan diskusi terkait dengan panas/kalor.
  12. Siswa melakukan percobaan sesuai dengan bahan dan peralatan yang ada pada buku siswa.
  13. Guru mendampingi siswa dalam melaksanakan percobaan untuk menyelediki kalor yang dapat mempengaruhi suhu benda.
  14.  Siswa melakukan langkah sesuai dengan petunjuk. 
  15. Guru membimbing siswa untuk menuliskan temuannya. 
  16. Siswa menyampaikan temuan mereka dalam melaksanakan percobaan untuk mengetahui kalor mampu mempengaruhi suhu benda.
  17. Siswa menyimpulkan kegiatan yang telah dilaksanakan. Guru memberikan penekanan pada beberapa konsep penting agar dipahami dengan baik oleh siswa.
  18. Guru memberikan penguatan atas hal-hal yang berhasil dicapai siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kali ini.


C. Langkah Pembelajaran pada Tahap Kegiatan Penutup

  1. siswa diajak untuk merenungkan kembali kegiatan yang telah dilaksanakan.
  2. Guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan kali ini.
  3. Guru memberikan tindak lanjut, kepada siswa untuk membaca  teks Proklamasi di depan orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Selesai membaca teks Proklamasi, siswa ditugaskan untuk meminta/menuliskan tanggapan dari orang tua.
  4. Guru melaksanakan penilaian formatif. 


0 Response to "Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 7 Kelas 5 Sekolah Dasar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel