Langkah-langkah Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas 5 SD

Selamat berjumpa kembali sahabat pembaca terutama rekan-rekan pendidik. Senang sekali saya bisa kembali mengetengahkan kembali langkah-langkah pembelajaran di sekolah dasar khususnya pembelajaran di kelas 5.

Adapun langkah pembelajaran kali ini adalah pada pembelajaran 2 subtema 2 di tema 7. Sebelumnya saya telah membagikan langkah pembelajaran 1, yang bisa anda baca pada link di bawah ini.

Langkah-langkah Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 5 SD.

Adapun muatan mata pelajaran pada pembelajaran ini adalah muatan Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP. Seperti biasanya, sebelum kita memulai membahas langkah-langkah pembelajaran. Sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Nah, tujuan pembelajaran pada artikel kali ini adalah sebagai berikut :


  1. Dengan melakukan percobaan, siswa mengetahui kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda dengan penuh tanggung jawab.
  2. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
  3. Dengan bercerita, siswa dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak tari dengan pola lantai yang benar.


Setelah mengetahui tujuan pembelajaran, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media pembelajaran. Nah untuk kegiatan ini anda bisa menggunakan media gambar,  peristiwa proklamasi kemerdekaan.  Baik langsung saja mari kita ulas bagaimana langkah-langkah pembelajaran 2, subtema 2 tema 7 kelas 5 berikut ini :

A. Kegiatan Pendahuluan :

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan guru pada tahap awal ini meliputi mempersiapkan siswa secara mental dan menarik perhatian mereka sehingga dapat siap dan fokus menerima pelajaran.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kita bisa mengajak siswa melaksanakan tanya jawab seputar pembelajaran sebelumnya. Tentunya pembelajaran tersebut masih memiliki keterkaitan dengan pembelajaran berikut ini.

Atau guru bisa membarengi dengan kegiatan yel-yel penyemangat. Misalnya dengan tepuk semangat atau kegiatan sejenisnya yang intinya meningkatkan perhatian dan minat siswa.

Setelah proses tersebut dilakukan, jangan lupa untuk menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini. Sebab penyampaian tujuan pembelajaran sangat penting untuk disampaikan.


B. Kegiatan Inti :

Kegiatan berikutnya adalah tahapan kegiatan iti. Kegiatan yang menjadi fokus guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Disinilah model pembelajaran yang sudah dirancang akan dilaksanakan dengan baik.
Langsung saja berikut ini langkah-langkah kegiatan inti yang dapat dilakukan guru.


  1. Siswa diajak mendengarkan lagu hari merdeka dari MP3 atau Video.
  2. Siswa memperhatikan notasi angka pada lagu Hari Merdeka yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu sesuai dengan notasinya.
  3. Guru memberikan contoh cara menyanyikan lagu Hari Mederka sesuai dengan notasinya.
  4. Guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan tarian sesuai dengan iringan musik lagu Hari Merdeka.
  5. Siswa kembali mengingat pola lantai tari.
  6. Guru melakukan tanya jawab bersama siswa tentang apa itu pola lantai tari dan hal-hal apa yang dipersiapkan dalam pementasan sebuah tarian.
  7. Guru memperlihatkan video sebuah tarian daerah. Selanjutnya siswa menganalisis pola lantai tari yang dimainkan oleh penari tersebut.
  8. Siswa mempresentasikan hasil karya mereka tentang pola lantai tari.
  9. Guru mengaitkan kegiatan menari dengan suhu tubuh yang terjadi akibat gerakan menari.
  10. Guru kembali mengingatkan siswa tentang pengaruh kalor terhadap suhu suatu benda.
  11. Guru mempersiapkan siswa untuk mengikuti kegiatan berikutnya yaitu percobaan tentang kalor dapat mengubah wujud benda.
  12. Siswa mempersiapkan alat dan bahan dan selanjutnya siswa bekerja secara berkelompok.
  13. Siswa  mengerjakan percobaan dengan bimbingan guru.
  14. Kemudian siswa mencatat temuan mereka tentang perubahan wujud benda yang disebabkan karena kalor.
  15. Siswa menuliskan kesimpulan atas percobaan yang telah dilaksanakan.
  16. Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  17. Guru memberikan penguatan dan penjelasan penegasan atas apa yang telah dipelajari siswa terkait dengan perubahan wujud benda yang disebabkan karena kalor.
  18. Guru mengajak siswa untuk mengumandangkan yel-yel kelas.
  19. Berikutnya guru mengaitkan materi pelajaran dengan peristiwa pembacaan proklamasi kemerdekaan. (Anak-anak adakah yang tahu pada pukul berapa peristiwa pembacaan teks proklamasi itu dilaksanakan? **jawaban pukul 10.00)
  20. Bagaimana kondisi suhu pada waku itu,tentu panas bukan?)
  21. “Nah adakah yang tahu bagaimana cara penyampaian informasi tentang proklamasi kemerdekaan kepada masyarakat pada waktu itu?
  22. Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan investigasi menemukan bagaimana peristiwa menjelang dan sesudah proklamasi kemerdekaan.
  23. Siswa mencatat informasi penting yang mereka temukan dari melakukan investigasi, seperti studi pustaka dan mengajukan pertanyaan.
  24. Siswa menyampaikan temuan mereka secara tertulis dan lisan tentang peristiwa sebelum dan sesudah proklamasi kemerdekaan.


C. Kegiatan Penutup


  1. Siswa diajak merenungkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  2. Siswa bersama guru menyimpulkan kegiatan yang telah dilaksanakan.
  3. Guru melaksanakan penilaian formatif dan selanjutnya memberikan tindak lanjut.

Demikian langkah-langkah pembelajaran yang bisa dilakukan dalam pembelajaran 2 subtema 2 tema 7 di kelas 5. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Langkah-langkah Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas 5 SD"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel