-->

Hal Kecil yang Dibiasakan di Sekolah Dasar tetapi Besar Manfaatnya


Pendidikan merupakan sebuah proses yang tidak hanya memberikan anak beragam pengetahuan agar mereka menjadi pintar. Pendidikan juga mengarah kepada proses menjadikan peserta didik sebagai pribadi yang manusiawi. 

Sehingga kegiatan belajar di sekolah, tidak hanya mengarah pada segala sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan semata. Pembiasaan sikap budi pekerti yang luhur sehingga menjadi seorang anak yang unggul dalam pengetahuan dan berbudi pekerti dalam perilaku. 

Di beberapa sekolah dibiasakan hal-hal yang bermanfaat bagi peserta didik dimasa datang. Beberapa diantaranya mungkin juga sudah dibiasakan di sekolah Bapak/Ibu. 

Baik langsung saja berikut ini hal-hal kecil yang dibiasakan di sekolah, akan tetapi manfaatnya begitu besar bagi perkembangan anak. 

1. Mengucapkan salam

Pastinya budaya memberi salam kepada setiap warga sekolah dan tamu di sekolah sudah dibiasakan di sekolah Bapak/Ibu. Pemberian salam ini terlitas memang hal yang sepele. Namun, pada kenyataannya ada saja beberapa masyarakat yang enggan untuk saling bertegur sapa ketika bertemu.

Nah, di sekolah budaya ini sudah dibiasakan. Terlihat saat siswa memasuki ruang sekolah, maka siswa tersebut mulai memberikan salam kepada setiap warga sekolah yang ditemuinya. 

Budaya memberikan salam akan sangat bermanfaat bagi peserta didik dimasa mendatang. Karena dengan terbiasa seperti itu, maka anak kita akan menjadi sosok pribadi yang ramah, santun dan peduli.  

Budaya memberikan salam ini sudah diterapkan di seluruh sekolah. Dan hal ini akan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat. Kelak nanti anak-anak didik kita tersebut akan terjun di masyarakat. Dengan dilatih mereka sedari kecil sudah terbiasa memberi salam kepada orang lain,  maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan bagi masyarakat. Dari anak-anak sampai dewasa. 

2. Mengerjakan tugas piket

Di sekolah setiap siswa memperoleh giliran tugas sebagai petugas piket. Piket ini  akan mempersiapkan kondisi kebersihan kelas. Siswa yang tergabung dam tugas piket, akan melaksanakan tugas tersebut secara berkelompok. 

Mereka akan dibiasakan  menyapu atau mengepel ruang kelas. Hal kecil ini akan berdampak positif bagi kepribadian anak dalam hal menjaga kebersihan di lingkungan sekitar mereka. 

Siswa secara tidak langsung belajar bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Pembiasaan kecil ini akan membawa dampak positif bagi kehidupannya kelak nanti. 

 3. Antre ketika masuk ke dalam kelas

Sebelum pandemi covid 19, pembelajaran sekolah berlangsung secara normal. Seluruh siswa ke sekolah dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan.  

Kebiasaan antre saat memasuki ruang kelas  sudah dibiasakan sejak awal mereka mengenyam pendidikan formal. Pembiasaan ini memang terlihat sepele. Namun, jika tidak dibudayakan sikap tersebut tidak akan tumbuh dalam diri mereka. 

Bisa kita lihat, dibeberapa tempat. Ada saja kalangan masyarakat yang masih terlihat menerobos antrean. Dengan pembiasaan sejak kecil mengantre, maka diharapkan setelah besar nanti mereka sudah terbiasa bahkan menjadi budaya untuk antre saat di tempat keramaian. 

4. Membawa bekal makanan

Siapa yang masih ingat sewaktu SD dulu membawa bekal? 

Budaya membawa bekal makanan masih berlangsung hingga sekarang. Bekal yang disiapkan orang tua dari rumah. Bekal tersebut nantinya akan diperlihatkan sama teman-teman. Bahkan sering sekali saling berbagi makanan. 

Sungguh indah rasanya situasi tersebut. Jadi membawa bekal makanan dari rumah sangat bermanfaat sekali. 

Anak anak terbiasa untuk menghargai makanan dari orang tuanya. Selain itu dengan membawa bekal dari rumah, akan mengurangi kebiasaan jajanan anak. 

Dengan membawa bekal dari rumah. Kandungan gizi anak akan terjaga dengan baik. 

Banyak lagi hal kecil yang dibiasakan di sekolah dasar yang terlihat sepele namun membawa dampak positif yang besar nantinya. 

Yuk bagi pengalaman anda di komentar blog ini. .

0 Response to "Hal Kecil yang Dibiasakan di Sekolah Dasar tetapi Besar Manfaatnya "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel