-->

Game Mencari Jejak Soal

Pembelajaran yang menyenangkan tentu menjadi tujuan yang ingin diciptakan oleh pendidik dalam setiap pembelajaran di kelas. 
Kegiatan menyenangkan dalam pembelajaran bukanlah kegiatan yang hura-hura semata. Tetapi pembelajaran yang bermakna. 

Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan kegiatan game atau permainan. 

Ada berbagai macam permainan  yang bisa guru coba dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya seperti  yang akan admin sajikan disini. 
kegiatan permainan dalam pembelajaran


Permainan Mencari Jejak Soal
Konsep permainan sangat sederhana. Dimana siswa akan menjawab soal yang dipersiapkan guru.

Jumlah soal bisa ditentukan oleh guru. Antara 5 sampai 15 butir soal. Setiap soal dibuat dalm sebuah potongan kertas. Dengan ukuran yang bisa disesuaikan guru. Misalnya kalau yang saya pakai adalah kertas dengan ukuran 10 x 10 cm. 

Soal yang ditulis bisa tentang satu atau beberapa kompetensi dasar (KD) tergantung dari tujuan pembelajaran yang anda buat.

Soal yang telah dibuat dalam kertas tersebut, kita sebut saja kartu soal. Selanjutnya kartu soal  tersebut disebar atau di tempel di beberapa tempat di sekitar kelas.

Tentunya tindaka ini harus dilakukan sebelum siswa masuk kelas. Dengan begitu mereka tidak akan tahu, dimana soal anda tempatkan.

Siswa nantinya akan mencari dan menemukan soal-soal tersebut. Kemudian soal-soal yang telah mereka temukan harus di jawab.

Setiap soal yang mereka temukan akan mengarahkan pada soal berikutnya. Tentunya setelah mereka berhasil menjawab dengan benar soal yang pertama mereka temukan. Barulah kemudian mereka akan diarahkan kepada petunjuk menemukan soal berikutnya.

Diakhir permainan, guru bersama siswa menarik simpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Disini guru akan memberikan penjelasan kembali terhadap konsep materi yang masih belum dikuasi oleh siswa.

Nah demikian tips sederhana permainan mencari jejak soal.

0 Response to "Game Mencari Jejak Soal "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel