Metode Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Remedial

Metode pembelajaran dalam pelaksanaan remedial- Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan penuh persiapan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Terkadang apa yang guru rencanakan tidak berjalan dengan maksimal. Apa yang guru harapkan yang tercermin pada hasil evaluasi bisa saja jauh dari harapan.

Masih saja ada siswa yang belum tuntas dalam mempelajari satu kompetensi dasar. Menghadapi situasi ini, maka guru harus melakukan perbaikan pembelajaran.

Perbaikan pembelajaran tersebut bisa guru lakukan dengan melakukan kegiatan remedial. Pembelajaran remedial adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada siswa yang mencapai kompetensi minimal dalam satu KD tertentu.

Pelaksanaan pembelajaran remidial harus betul-betul disiapkan oleh guru agar dapat mempermudahkan siswa dalam memahami KD yang dirasa sulit. Demikian pula dengan persiapan penilaian pembelajaran remedial perlu disesuaikan dengan kesulitas belajar siswa.


Pelaksanaan pembelajaran remedial tentu tidak seperti pembelajaran biasa di kelas. Perlu diingat, bahwa siswa yang ikut remedial ini adalah siswa yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata siswa lainnya. Yang mana semua itu bisa terjadi karena permasalahan keunikan siswa, bisa juga disebabkan karena permasalahan materi ajar, dan bisa juga disebabkan karena permasalahan strategi pembelajaran.

Baca juga :

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL

Pembelajaran remedial dapat dilakukan pada akhir kegiatan pembelajaran atau bisa juga pada akhir kegiatan pembelajaran untuk satu kompetensi dasar. Pelaksanaan pembelajaran remedial dilakukan secara berkelompok maupun individu. Remedial secara individual dilakukan jika hasil penilaian dalam satu rombongan belajar, menunjukkan satu atau beberapa siswa. Biasanya tidak lebih dari 15% dari jumlah peserta didik di kelasnya.

Pembelajaran remidial kelompok dilakukan apabila sebagian besar atau sekitar 75% perserta didik mengalami kesulitan.

METODE PEMBELAJARAN REMEDIAL

Beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran remedial adalah :

  • pembelajaran individual
  • pemberian tugas
  • diskusi
  • tanya jawab
  • kerja kelompok, dan
  • tutor sebaya

Dalam pelaksanaan pembelajaran remedial guru harus bisa menggunakan metode dan strategi yang digunakan berbeda dengan sebelumnya.

0 Response to "Metode Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Remedial"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel