Jawaban Tugas Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Kelas 4 Materi Energi, Hak dan Kewajiban

Setiap msyarakat berhak untuk memperoleh energi listrik. Listrik merupakan sebuah energi yang banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai alat-alat rumah tangga banyak yang menggunakan energi listrik. Mulai dari televisi, radio, komputer, AC, kipas angin, penanak nasi, kulkas dan masih banyak lagi alat elektronik rumah lainnya yang menggunakan listrik sebagai bahan energinya.

Disamping kita memiliki hak untuk menggunakan energi listrik sesuai dengan keinginan kita.  Kita juga memiliki kewajiban untuk menggunakan listrik tersebut secara hemat. Sebab jika kita tidak mampu berhemat energi listrik, maka akan terjadi pemborosan. Ujung-ujungnya kita akan membayar tarif listrik yang besar.

Perhatikan gambar berikut ini.


Tampak terlihat seorang anak yang melakukan pemborosan dalam penggunaan energi listrik. TV masih menyala sedangkan anak tersebut tertidur dengan lelapnya. Belum lagi laptop dan hp yang digunakan masih terhubung dengan stop kontak.

Berikut ini daftar pertanyaan dan jawaban yang muncuk pada buku siswa kelas 4 tema 2 subtema 1.

1.  Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan.
 Jawaban : Ya kita berhak menggunakan TV. Sebab TV itu adalah milik kita jadi kita memiliki hak penuh untuk menggunakan TV tersebut.

2.  Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton?
 Jawaban : Akan terjadi pemborosan dalam penggunaan listrik. Yang membuat biaya tarif pembayaran listrik akan sengat tinggi.

3. Apa yang perlu kamu lakukan jika akan tidur?
 Jawaban : Mematikan seluruh alat-alat elektronik yang sudah tidak digunakan lagi. Termasuk lampu yang tidak perlu juga tidak dinyalakan.

4.  Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas?
Jawaban : Sebaiknya anak tersebut tidak melakukan pemborosan terhadap penggunaan energi listrik. Matikan alat-alat elektronik yang sudah tidak digunakan lagi.

Berbeda dengan gambar diatas, sekarang mari kita lihat gambar yang kedua.


1. Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan.
 Jawaban : Tentu berhak jika memang TV itu milik kita dan digunakan untuk menonton acara yang kita sukai.

2.  Apa manfaat kita menonton TV bersama-sama anggota keluarga?
Jawaban : Hubungan harmonis bersama seluruh keluarga. Kita bisa semakin dekat dengan orang tua dan saudara kita. Selain itu kita juga bisa saling berbagi cerita apa yang kita alami.

3.  Apa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendirisendiri?
 Jawaban : Tidak akan ada komunikasi yang baik antara keluarga. Tontonan anak juga tidak bisa dikontrol oleh orang tua. Sebab anak tidak boleh menonton tayangan-tayangan yang bermuatan kekerasan dan sejenisnya.

4.  Hal baik apa yang dapat kita contoh dari gambar di atas.
Jawaban : dari gambar tersebut terlihat hubungan yang harmonis antara seluruh anggota keluarga. Orang tua dan anak terlihat begitu akrab dan saling menyayangi satu sama lain.

Demikian ulasan pada pembelajaran 4 di tema 2 subtema 1 kelas 4 SD. Semoga ulasan dan alternatif jawaban yang disajikan bisa memberikan manfaat yang berarti bagi para pembaca.

Wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel